Karna merupakan sesuatu yang baru bagi saya untuk memahami Bimbingan dan Konseling komperhensif terkadang masih saya rasakan agak sulit dalam hal menyusun program disekolah. Postingan ini saya harapkan dapat membantu memberikan sedikit pengertian bagaimana langkah-langkah dalam membuat program Bimbingan dan Konseling komperhensif. Perubahan demi perubahan terjadi di tubuh Bimbingan dan Konseling yang terus menggeliat. Sebagai Guru Bimbingan dan Konseling ataupun Konselor di sekolah harus senantiasa mengikuti perkembangan perubahan tanpa henti. Persoalannya, Bimbingan dan
Konseling harus terus mengikuti perkembangan zaman yang terus maju dan modern.
   
Terperangkap dalam sikap "jadul" sangat mempersulit diri untuk mematangkan cara berpikir, bersikap, bertindak dan berbuat. Apalagi sekarang terbebani proyek sertifikasi dimana guru Bimbingan dan Konseling atau Konselor di sekolah diharuskan bahkan diwajibkan untuk profesional. Dana sertifikasi yang diperoleh harus memajukan profesionalisasi untuk kepentingan peningkatan pelayanan terhadap Konseli. Sebuah kewajiban yang terus terang sangat menekan psikologis, yang suka tidak suka harus terjadi.

A. Program pola 17 atau Program Komprehensif
          Pemilihan model program yang digunakan tergantung dari kemauan guru Bimbingan dan Konseling atau Konselor, namun program Komprehensif merupakan model yang telah di kembangkan sekarang ini dan lebih diperkuat dengan adanya permendiknas no  111 tentang penyelenggaraan Bimbingan dan konseling disekolah. Model Program Komprehensif tidak harus mewajibkan guru Bimbingan dan Konseling atau Konselor di sekolah untuk menerapkan semua jenis pelayanan kepada Konseli. Berbeda dengan pola 17, Guru BK atau Konselor dapat memilih pelayanan mana yang sedianya dapat digunakan sesuai kebutuhan Konseli dan situasi kondisi Sekolah. Nah, silahkan memilih mana yang simple, praktis dan tepat guna.
Langkah-langkah  penyusunan Program Bk Komprehensif sebenarnya tidak berbeda dengan program BK pola 17. 

B. Langkah-langkah Penyusunan Program BK Komprehensif



1. Lakukan Pengumpulan data kebutuhan Konseli terhadap pelayanan BK dengan menggunakan assesmen Bimbingan dan Konseling, antara lain :
   a. ITP ( Inventory Tugas Perkembangan )
   b. AUM ( Alat Ungkap Masalah ) atau DCM ( Daftar Cek       
       Masalah )
   c. Sosiometri
   d. Pedoman Observasi seperti : Skala nilai sikap, catatan anekdot, 
 atau berbagai alat pengumpulan data yang anda kembangkan sendiri untuk mengetaui apa yang dibutuhkan oleh siswa
2. Lakukan Deskripsi Kebutuhan dari Assesmen yang digunakan.
3. Lakukan Analisis kebutuhan dari hasil deskripsi kebutuhan
4. Mulailah membuat atau menyusun Program Bimbingan dan Konseling  Komprehensif


    1) Bab I Pendahuluan

        a. Rasionalisasi
            Berisi komentar tentang latar belakang adanya BK dan Kenapa  Bimbingan dan Konseling perlu ada di               Sekolah Anda dengan alasan yang didasarkan pada teori yang mendukung dan logis. Sebagai bahan                 pertimbangan pihak-pihak yang terkait dalam pelaksanaan program.
        b. Landasan Kerja
            Berisi peraturan-peraturan pendidikan dan rambu-rambu tentang pelaksanaan BK di sekolah 
        c. Visi Misi sekolah dan Visi Misi Bimbingan dan Konseling
        d. Struktur Organisasi  BK
        e. Kerangka Kerja BK
        f.  Deskripsi Kebutuhan
        g. Tujuan BK di Sekolah
        h. Manfaat BK 
            Berisi manfaat bagi  Sekolah, Guru, Konseli dan masyarakat

    2) Bab II Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling

        A. Persiapan
             1. SK Mengajar
             2. Kalender Pendidikan 
             3. Alokasi Waktu
             4. Analisis Kebutuhan Kurikulum BK di Sekolah
             5. Silabus
             6. Action Plan Program BK
             7. Program Tahunan BK
             8. Program Bulanan BK
             9. KKM ( Kriteria Kemandirian Minimal )
           10. Satuan Layanan BK dan Satuan Pendukung Layanan BK

        B. Pelaksanaan

             1. Daftar Konseli
             2. Jadwal Pertemuan dengan Konseli
             3. Agenda Harian Bimbingan dan Konseling
             4. Kegiatan Program Bimbingan  dan Konseling Kompre -
                 hensif :
                 4.1.  Pelayanan  Dasar 
                       (jelaskan layanan yang digunakan dan materi     
                       kegiatannya sesuai tabel  analisis kebutuhan yang 
                       telah Anda disusun).
                       Dalam pembahasan di buku Rambu-rambu BK, ada 5    
                       jenis layanan : Bimbingan  klasikal, Orientasi, Infor  -
                       masi, Bimbingan Kelompok, dan Aplikasi Instrumen-
                       tasi.
                   4.2. Pelayanan Responsif
                       (jelaskan layanan yang digunakan dan materi     
                       kegiatannya sesuai tabel  analisis kebutuhan yang 
                       telah Anda disusun).
                       Dalam pembahasan di buku Rambu-rambu BK, ada 9    
                       jenis layanan : Konseling Individu, Konseling kelom -
                       pok, Kolaborasi dengan guru mata pelajaran/ wali ke-
                       las, kolaborasi dengan orang tua/wali siswa, kolabora
                       si dengan pihak luar sekolah, konsultasi, konferensi 
                       kasus,  kunjungan rumah dan referal.
                   4.3. Pelayanan Perencanaan Individu
                       Sama cara di atas, Anda jelaskan makna layanan ter -
                       sebut, layanan yang digunakan dan materi kegiatan.
                   4.4. Dukungan Sistem
                        Anda jelaskan Kegiatan apa saja yang Anda akan la-
                        kukan beserta materi kegiatannya
                5. Anggaran Pelaksanaan Program BK
                    Anda buat tabel yang menjelaskan jenis kegiatan yang
                    membutuhkan anggaran, berapa anggaran yang dibutuh
                    serta  asal sumber  anggaran.

           4) Bab III Evaluasi Pelaksanaan Pelayanan BK

               Dalam bab ini Anda jelaskan tentang jenis-jenis evaluasi
               yang Anda gunakan selama satu tahun pelajaran

           5) Bab IV Analisis dan Tindak Lanjut

               Dalam  bab ini Anda susun analisis program BK tahun 
               pelajaran yang tahun kemarin beserta tindak lanjut untuk
               program BK yang sekarang Anda lakukan.              
        
           6) Bab V Penutup
                Berisi kesimpulan dan rekomendasi
                                               


Demikian  yang dapat disampaikan, walau hanya sekedar petunjuk penyusunan. Untuk lebih jelasnya, dapat Anda membaca buku tentang  Penataan Pendidikan Profesional Konselor  dan Layanan Bimbingan,
Sumber bacaan :
Suherman,Uman. (2007). Manajemen Bimbingan dan Konseling. Bekasi: Madani.
Yusuf,S.,& Nurishan,J. 2009. Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.


0 komentar:

Posting Komentar