Kamis, 15 Oktober 2015

Belajar Membuat RPL BK


SATUAN LAYANAN KEGIATAN
BIMBINGAN DAN KONSELING


No
ASPEK – ASPEK
1.
Bidang Bimbingan
:
Pribadi
2.
Standar Kompetensi
:
Pengembangan Pribadi
3.
Kompentensi Dasar
:
Mengetaahui disiplin sebagai pelatihan untuk pribadi yang teratur
4.
Tujuan
:
Menyadari bahwa disiplin sangat penting diterapkan, baik disekolah, rumah dan masyrarakat
5.
Indikator
:
-          Siswa mengetahui apa itu disiplin
-          Siswa mengetahui manfaat yang diperoleh bila mereka
menerapkan hidup disiplin
-          Siswa dapat meneyebutkan contoh  perilaku disiplin baik disekolah, rumah, dan masyarakat
6.
Tujuan
:
-          Siswa dapat mengetahui cara untuk melatih disiplin diri
-          Siswa dapat menujukkan perilaku disiplin di sekolah
-          Siswa memeberi saran untuk meningkatkan disiplin di sekolah
7.
Materi
:
Disiplin, Manfaat Disiplin dan Cotoh
8.
Kelas
:
SMA kelas X
9.
Semester
:
1 ( Ganjil )
10.
Teknik
:
Diskusi  Kelompok , Games, Tanya jawab
11.
Exferientasi
:
a. Tahap Awal


-       Konselor mengajak siswa untuk memusatkan perhatian
-       Konselor mengajak siswa untuk kegiatan selingan games konsentrasi, yaitu KUKU Dan 3DOT
-       Konselor membentuk siswa dalam kelompok berdasarkan  nomor urut
-       Konselor mengarahkan siswa untuk setiap kelompok memilih  ketua kelompok, sekse menulis, dan persentasi
-       Konselor menjelaskan kepada siswa, materi yang dibahas dalam bentuk diskusi kelompok, dan  persentasi dalam bentuk moving kelompok.
b. Tahap Transisi
Konselor mengajukan beberapa pertanyaan yang berkaitan Disiplin
c. Tahap Kerja
-       Konselor mengajak setiap ketua kelompok maju ke depan, untuk menyampaikan materi apa saja yang perlu dilengkapi dalam diskusi kelompok
-       Konselor meminta semua siswa dalam  kelompok, terlibat dalam diskusi
-       Konselor menginstrukasikan bahwa setiap perwakilan dalam kelompok melakukan  moving kelompok, untuk mempersentasikan hasil diskusi kelompok mereka di kelompok  lain. Dan semua anggota dalam  kelompok  wajib menyimak.
-       Konselor  tanya jawab dengan siswa, dan mengambil kesimpulan
d. Tahap akhir
-       Konselor memotifasi siswa untuk tetap berperilaku disiplin dimana pun berada
-       Konselor mengakhiri kegiatan dengan salam
12.
Identifikasi
:
a.   Setelah membahas materi tentang disiplin
b.   Apa yang kalian rasakan sebagai siswa/i yang disiplin ?
c.   Apa manfaat yang kalian rasakan bila disipin diri?
d.  Perilaku disiplin sepertia apa yang ingin kamu terapkan baikdisekolah, rumah dan masyarakat ?
13.
Analisis
:
a.   Apa yang kalian rasakan bila hidup di lingkungan yang ada aturan  yang harus dipatuhi?
b.   Apa makna positif dari adanya peraturan tersebut ?
c.   Bagaimana menurut kalian interaksi siswa di lingkungan yang ada aturan?
d.  Bagaimana menurut kalian karakteristik lingkungan sekolah yang baik itu ?
14.
Generalisasi
:
a.   Apa upaya kalian untuk melatih disiplin diri ?
b.   Apa upaya kalian untuk menunjukkan perilaku disiplin di sekolah ?
c.   Apa rencana kalian di semester yang akan datang ?
d.  Apa saran kalian agar sekolah ini bisa lebih baik dari saat ini ? 
15.
Evaluasi dan Tindak Lanjut
:
Indikator keberhasilan :
-      Siswa menunjukan komitmen diri untuk hidup disiplin di lingkungan sekolah , rumah dan masyarakat
-      Instrumen penilaian :
-      Pedoman observasi saat layanan berlangsung
-      Tindak lanjut :
-      Siswa diminta mempelajari dengan seksama tentang  Sikap Bersyukur untuk pembahasaan selanjutnya.
                                                                                                           


0 komentar:

Posting Komentar