SATUAN
LAYANAN KEGIATAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
|
No
|
ASPEK –
ASPEK
|
||
|
1.
|
Bidang
Bimbingan
|
:
|
Pribadi
|
|
2.
|
Standar
Kompetensi
|
:
|
Pengembangan
Pribadi
|
|
3.
|
Kompentensi
Dasar
|
:
|
Mengetaahui
disiplin sebagai pelatihan untuk pribadi yang teratur
|
|
4.
|
Tujuan
|
:
|
Menyadari
bahwa disiplin sangat penting diterapkan, baik disekolah, rumah dan
masyrarakat
|
|
5.
|
Indikator
|
:
|
-
Siswa mengetahui apa itu disiplin
-
Siswa mengetahui manfaat yang diperoleh
bila mereka
menerapkan hidup
disiplin
-
Siswa dapat meneyebutkan contoh perilaku disiplin baik disekolah, rumah,
dan masyarakat
|
|
6.
|
Tujuan
|
:
|
-
Siswa dapat mengetahui cara untuk
melatih disiplin diri
-
Siswa dapat menujukkan perilaku disiplin
di sekolah
-
Siswa memeberi saran untuk meningkatkan
disiplin di sekolah
|
|
7.
|
Materi
|
:
|
Disiplin,
Manfaat Disiplin dan Cotoh
|
|
8.
|
Kelas
|
:
|
SMA
kelas X
|
|
9.
|
Semester
|
:
|
1
( Ganjil )
|
|
10.
|
Teknik
|
:
|
Diskusi
Kelompok , Games, Tanya jawab
|
|
11.
|
Exferientasi
|
:
|
a.
Tahap Awal
|
|
|
|
- Konselor
mengajak siswa untuk memusatkan perhatian
- Konselor
mengajak siswa untuk kegiatan selingan games konsentrasi, yaitu KUKU Dan 3DOT
- Konselor
membentuk siswa dalam kelompok berdasarkan
nomor urut
- Konselor
mengarahkan siswa untuk setiap kelompok memilih ketua kelompok, sekse menulis, dan
persentasi
- Konselor
menjelaskan kepada siswa, materi yang dibahas dalam bentuk diskusi kelompok,
dan persentasi dalam bentuk moving kelompok.
b.
Tahap Transisi
Konselor
mengajukan beberapa pertanyaan yang berkaitan Disiplin
c.
Tahap Kerja
- Konselor
mengajak setiap ketua kelompok maju ke depan, untuk menyampaikan materi apa
saja yang perlu dilengkapi dalam diskusi kelompok
- Konselor
meminta semua siswa dalam kelompok,
terlibat dalam diskusi
- Konselor
menginstrukasikan bahwa setiap perwakilan dalam kelompok melakukan moving kelompok, untuk mempersentasikan
hasil diskusi kelompok mereka di kelompok
lain. Dan semua anggota dalam
kelompok wajib menyimak.
- Konselor tanya jawab dengan siswa, dan mengambil
kesimpulan
d.
Tahap akhir
- Konselor
memotifasi siswa untuk tetap berperilaku disiplin dimana pun berada
- Konselor
mengakhiri kegiatan dengan salam
|
|
|
12.
|
Identifikasi
|
:
|
a. Setelah membahas
materi tentang disiplin
b. Apa yang
kalian rasakan sebagai siswa/i yang disiplin ?
c. Apa
manfaat yang kalian rasakan bila disipin diri?
d. Perilaku
disiplin sepertia apa yang ingin kamu terapkan baikdisekolah, rumah dan
masyarakat ?
|
|
13.
|
Analisis
|
:
|
a. Apa yang
kalian rasakan bila hidup di lingkungan yang ada aturan yang harus dipatuhi?
b. Apa
makna positif dari adanya peraturan tersebut ?
c. Bagaimana
menurut kalian interaksi siswa di lingkungan yang ada aturan?
d. Bagaimana
menurut kalian karakteristik lingkungan sekolah yang baik itu ?
|
|
14.
|
Generalisasi
|
:
|
a. Apa
upaya kalian untuk melatih disiplin diri ?
b. Apa
upaya kalian untuk menunjukkan perilaku disiplin di sekolah ?
c. Apa
rencana kalian di semester yang akan datang ?
d. Apa
saran kalian agar sekolah ini bisa lebih baik dari saat ini ?
|
|
15.
|
Evaluasi
dan Tindak Lanjut
|
:
|
Indikator
keberhasilan :
- Siswa
menunjukan komitmen diri untuk hidup disiplin di lingkungan sekolah , rumah
dan masyarakat
- Instrumen
penilaian :
- Pedoman
observasi saat layanan berlangsung
- Tindak
lanjut :
- Siswa
diminta mempelajari dengan seksama tentang
Sikap Bersyukur untuk pembahasaan selanjutnya.
|






0 komentar:
Posting Komentar