RENCANA PELAKSANAAN
LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
PENGENALAN PERGURUAN TINGGI
A.
|
Tema
|
Perencanaan Karir
|
B.
|
Bidang Bimbingan
|
Karir
|
C.
|
Strategi Layanan
|
Bimbingan Kelompok
|
D.
|
Fungsi Layanan
|
Tindakan
|
E
|
Kompetensi
Inti/Standar Kopetensi
|
Kematangan dalam pilihan Karir
|
F
|
Kompetensi Dasar
|
Mengembangkan alternatif perencanaan karir dengan mempertimbangkan
kemampuan,peluang dan ragam karir
|
G
|
Indikator
|
ü Peserta didik
memiliki gambaran tentang pendidikan lanjutan yang sesuai dengan minatnya.
ü
Peserta didik dapat memilih PT atau karir yang
sesuai dengan minatnya?
ü Peserta
didik dapat membuat rencana kegiatan apa saja yang dapat dilakukan untuk
menentukan arah pendidikan atau kariri yang di inginkan
|
H
|
Tujuan
Layanan
|
ü Peserta didik memiliki kemantapan yang matang dalam menentukan
pendidikan lanjutan yang dipilih
|
I
|
Sasaran Layanan
|
Peserta didik kelas X,
|
J
|
Uraian Kegiatan
1. Teknik
Penyajian
|
Experiental Learning, Tanya Jawab
|
2. Materi
|
Ragam Perguruan Tinggi
|
|
K
|
Tempat Penyelenggaraan
|
Ruang Kelas
|
L
|
Waktu
|
2 x pertemuan (1 x 40 Menit)
|
M
|
Penyelenggara Layanan
|
Guru pembimbing
|
N
|
Alat dan Perlengkapan
|
Wi-fi, Laptop/ In-focus
|
O
|
Eksperientasi
|
1. Tahap awal
Guru pembimbing membuka
pertemuan dengan mengucapkan salam dan berdoa. Sebagai pembukaan layanan,
guru pembimbing menjelaskan tujuan dari kegiatan.
|
2. Tahap Inti
a. Pertemuan 1:
Guru
pembimbing membagi kelompok besar menjadi 5-6 kelompok kecil. Setelah itu
setiap kelompok diminta untuk menentukan salah satu PT (perguruan tinggi)
yang disepakati di kelompoknya. Setelah setiap kelompok mendapat pilihan PT,
Guru pembimbing membimbing peserta didik untuk browsing mengenai perguruan tinggi. Adapun materi yang harus dicari
adalah, persyaratan masuk, Jurusan/prodi
yang ada di PT dan biaya pendidikan di PT tersebut. Bahan yang sudah dimiliki oleh setiap kelompok diminta untuk dibuat
dalam bentuk power point.
b.
Pertemuan
2:
Guru
pembimbing mempersilahkan setiap kelompok untuk mempresentasikan PT
kelompoknya masing-masing di depan kelas dengan waktu 5 menit setiap
kelompoknya..
|
||
3.
Tahap
Akhir
Peserta didik
dibimbing guru pembimbing menyimpulkan kegiatan yang telah dilakukan dan
menutup pertemuan.
|
||
P.
|
Evaluasi
|
1.
Awal
Guru pembimbing mengamati bagaimana antusiasme peserta didik dalam
menerima materi. Hal ini ditunjukan dengan kondisi kelas yang kondusif dan
peserta didik dapat mengikuti kegiatan tanpa melakukan aktivitas yang lain.
|
2.
Proses
Guru pembimbing memperhatikan
keaktifan peserta didik pada saat kegiatan dilaksanakan. Pada tahap ini, guru
pembimbing mengamati keterlibatan/ keaktifan peserta didik dalam kegiatan
yang berlangsung.
|
||
3. Akhir
Guru pembimbing
memperhatikan beberapa hal yang akan dijadikan bahan pertimbangan untuk tindak lanjut yang
akan diberikan kepada peserta didik dengan mengajukan pertanyaan secara lisan
kepada peserta didik yang dapat mengungkap hal-hal dibawah ini:
a.
Apakah peserta didik dapat memilih PT yang sesuai
dengan minatnya?
b.
Apakah semangat yang dimiliki oleh peserta didik
meningkat setelah kegiatan berlangsung?
c.
Apakah peserta didik dapat membuat rencana kegiatan
setelah mengikuti kegiatan yang dilakukan?
|
||
Q
|
Sumber
|
-
|
0 komentar:
Posting Komentar