Jumat, 02 Oktober 2015

RENCANA PELAKSANAAN
LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING

      PENGENALAN PERGURUAN TINGGI


A.
Tema
Perencanaan Karir
B.
Bidang Bimbingan
Karir
C.
Strategi Layanan
Bimbingan Kelompok
D.
Fungsi Layanan
Tindakan
E
Kompetensi Inti/Standar Kopetensi
Kematangan dalam pilihan Karir
F
Kompetensi Dasar
Mengembangkan alternatif perencanaan karir dengan mempertimbangkan kemampuan,peluang dan ragam karir
G
Indikator
ü  Peserta didik memiliki gambaran tentang pendidikan lanjutan yang sesuai dengan minatnya.
ü Peserta didik dapat memilih PT atau karir yang sesuai dengan minatnya?
ü  Peserta didik dapat membuat rencana kegiatan apa saja yang dapat dilakukan untuk menentukan arah pendidikan atau kariri yang di inginkan
H
Tujuan Layanan
ü  Peserta didik memiliki kemantapan yang matang dalam menentukan pendidikan lanjutan yang dipilih
I
Sasaran Layanan
Peserta didik kelas X,
J
Uraian Kegiatan
1.   Teknik Penyajian

Experiental Learning, Tanya Jawab
2.   Materi
Ragam Perguruan Tinggi
K
Tempat Penyelenggaraan
Ruang Kelas
L
Waktu
2 x pertemuan (1 x 40 Menit)
M
Penyelenggara Layanan
Guru pembimbing
N
Alat dan Perlengkapan
Wi-fi, Laptop/ In-focus
O
Eksperientasi
1.    Tahap awal
Guru pembimbing membuka pertemuan dengan mengucapkan salam dan berdoa. Sebagai pembukaan layanan, guru pembimbing menjelaskan tujuan dari kegiatan.
2.    Tahap Inti
a.       Pertemuan 1:
Guru pembimbing membagi kelompok besar menjadi 5-6 kelompok kecil. Setelah itu setiap kelompok diminta untuk menentukan salah satu PT (perguruan tinggi) yang disepakati di kelompoknya. Setelah setiap kelompok mendapat pilihan PT, Guru pembimbing membimbing peserta didik untuk browsing mengenai perguruan tinggi. Adapun materi yang harus dicari adalah, persyaratan masuk, Jurusan/prodi yang ada di PT dan biaya pendidikan di PT tersebut. Bahan yang sudah dimiliki oleh setiap kelompok diminta untuk dibuat dalam bentuk power point.
b.      Pertemuan 2:
Guru pembimbing mempersilahkan setiap kelompok untuk mempresentasikan PT kelompoknya masing-masing di depan kelas dengan waktu 5 menit setiap kelompoknya..
3.    Tahap Akhir
Peserta didik dibimbing guru pembimbing menyimpulkan kegiatan yang telah dilakukan dan menutup pertemuan.
P.
Evaluasi

1.   Awal
Guru pembimbing mengamati bagaimana antusiasme peserta didik dalam menerima materi. Hal ini ditunjukan dengan kondisi kelas yang kondusif dan peserta didik dapat mengikuti kegiatan tanpa melakukan aktivitas yang lain.
2.   Proses
Guru pembimbing memperhatikan keaktifan peserta didik pada saat kegiatan dilaksanakan. Pada tahap ini, guru pembimbing mengamati keterlibatan/ keaktifan peserta didik dalam kegiatan yang berlangsung.
3.   Akhir
Guru pembimbing memperhatikan beberapa hal yang akan dijadikan  bahan pertimbangan untuk tindak lanjut yang akan diberikan kepada peserta didik dengan mengajukan pertanyaan secara lisan kepada peserta didik yang dapat mengungkap hal-hal dibawah ini:
a.       Apakah peserta didik dapat memilih PT yang sesuai dengan minatnya?
b.      Apakah semangat yang dimiliki oleh peserta didik meningkat setelah kegiatan berlangsung?
c.       Apakah peserta didik dapat membuat rencana kegiatan setelah mengikuti kegiatan yang dilakukan?
Q
Sumber
-


0 komentar:

Posting Komentar