Karna merupakan sesuatu yang baru bagi saya untuk memahami Bimbingan dan Konseling komperhensif terkadang masih saya rasakan agak sulit dalam hal menyusun program disekolah. Postingan ini saya harapkan dapat membantu memberikan sedikit pengertian bagaimana langkah-langkah dalam membuat program Bimbingan dan Konseling komperhensif. Perubahan demi perubahan terjadi di tubuh Bimbingan dan Konseling yang terus menggeliat. Sebagai Guru Bimbingan dan Konseling ataupun Konselor di sekolah harus senantiasa mengikuti perkembangan perubahan tanpa henti. Persoalannya, Bimbingan dan
Konseling harus terus mengikuti perkembangan zaman yang terus maju dan modern.
Terperangkap dalam sikap "jadul" sangat mempersulit diri untuk mematangkan cara berpikir, bersikap, bertindak dan berbuat. Apalagi sekarang terbebani proyek sertifikasi dimana guru Bimbingan dan Konseling atau Konselor di sekolah diharuskan bahkan diwajibkan untuk profesional. Dana sertifikasi yang diperoleh harus memajukan profesionalisasi untuk kepentingan peningkatan pelayanan terhadap Konseli. Sebuah kewajiban yang terus terang sangat menekan psikologis, yang suka tidak suka harus terjadi.
A. Program pola 17 atau Program Komprehensif
Pemilihan model program yang digunakan tergantung dari kemauan guru Bimbingan dan Konseling atau Konselor, namun program Komprehensif merupakan model yang telah di kembangkan sekarang ini dan lebih diperkuat dengan adanya permendiknas no 111 tentang penyelenggaraan Bimbingan dan konseling disekolah. Model Program Komprehensif tidak harus mewajibkan guru Bimbingan dan Konseling atau Konselor di sekolah untuk menerapkan semua jenis pelayanan kepada Konseli. Berbeda dengan pola 17, Guru BK atau Konselor dapat memilih pelayanan mana yang sedianya dapat digunakan sesuai kebutuhan Konseli dan situasi kondisi Sekolah. Nah, silahkan memilih mana yang simple, praktis dan tepat guna.
Langkah-langkah penyusunan Program Bk Komprehensif sebenarnya tidak berbeda dengan program BK pola 17.
B. Langkah-langkah Penyusunan Program BK Komprehensif
1. Lakukan Pengumpulan data kebutuhan Konseli terhadap pelayanan BK dengan menggunakan assesmen Bimbingan dan Konseling, antara lain :
a. ITP ( Inventory Tugas Perkembangan )
b. AUM ( Alat Ungkap Masalah ) atau DCM ( Daftar Cek
Masalah )
c. Sosiometri
d. Pedoman Observasi seperti : Skala nilai sikap, catatan anekdot,
atau berbagai alat pengumpulan data yang anda kembangkan sendiri untuk mengetaui apa yang dibutuhkan oleh siswa
2. Lakukan Deskripsi Kebutuhan dari Assesmen yang digunakan.
3. Lakukan Analisis kebutuhan dari hasil deskripsi kebutuhan
4. Mulailah membuat atau menyusun Program Bimbingan dan Konseling Komprehensif
1) Bab I Pendahuluan
a. Rasionalisasi
Berisi komentar tentang latar belakang adanya BK dan
Kenapa Bimbingan dan Konseling perlu ada di Sekolah Anda
b. Landasan Kerja
Berisi peraturan-peraturan tentang Ke BK an
c. Visi Misi sekolah dan Visi Misi Bimbingan dan Konseling
d. Struktur Organisasi BK
e. Kerangka Kerja BK
f. Deskripsi Kebutuhan
g. Tujuan BK di Sekolah
h. Manfaat BK
Berisi manfaat bagi Sekolah, Guru, Konseli dan masyarakat
2) Bab II Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling
A. Persiapan
1. SK Mengajar
2. Kalender Pendidikan
3. Alokasi Waktu
4. Analisis Kebutuhan Kurikulum BK di Sekolah
5. Silabus
6. Action Plan Program BK
7. Program Tahunan BK
8. Program Bulanan BK
9. KKM ( Kriteria Kemandirian Minimal )
10. Satuan Layanan BK dan Satuan Pendukung Layanan BK
B. Pelaksanaan
1. Daftar Konseli
2. Jadwal Pertemuan dengan Konseli
3. Agenda Harian Bimbingan dan Konseling
4. Kegiatan Program Bimbingan dan Konseling Kompre -
hensif :
4.1. Pelayanan Dasar
(jelaskan layanan yang digunakan dan materi
kegiatannya sesuai tabel analisis kebutuhan yang
telah Anda disusun).
Dalam pembahasan di buku Rambu-rambu BK, ada 5
jenis layanan : Bimbingan klasikal, Orientasi, Infor -
masi, Bimbingan Kelompok, dan Aplikasi Instrumen-
tasi.
4.2. Pelayanan Responsif
(jelaskan layanan yang digunakan dan materi
kegiatannya sesuai tabel analisis kebutuhan yang
telah Anda disusun).
Dalam pembahasan di buku Rambu-rambu BK, ada 9
jenis layanan : Konseling Individu, Konseling kelom -
pok, Kolaborasi dengan guru mata pelajaran/ wali ke-
las, kolaborasi dengan orang tua/wali siswa, kolabora
si dengan pihak luar sekolah, konsultasi, konferensi
kasus, kunjungan rumah dan referal.
4.3. Pelayanan Perencanaan Individu
Sama cara di atas, Anda jelaskan makna layanan ter -
sebut, layanan yang digunakan dan materi kegiatan.
4.4. Dukungan Sistem
Anda jelaskan Kegiatan apa saja yang Anda akan la-
kukan beserta materi kegiatannya
5. Anggaran Pelaksanaan Program BK
Anda buat tabel yang menjelaskan jenis kegiatan yang
membutuhkan anggaran, berapa anggaran yang dibutuh
serta asal sumber anggaran.
4) Bab III Evaluasi Pelaksanaan Pelayanan BK
Dalam bab ini Anda jelaskan tentang jenis-jenis evaluasi
yang Anda gunakan selama satu tahun pelajaran
5) Bab IV Analisis dan Tindak Lanjut
Dalam bab ini Anda susun analisis program BK tahun
pelajaran yang tahun kemarin beserta tindak lanjut untuk
program BK yang sekarang Anda lakukan.
6) Bab V Penutup
Berisi kesimpulan dan rekomendasi
Demikian yang dapat disampaikan, walau hanya sekedar petunjuk penyusunan. Untuk lebih jelasnya, dapat Anda membaca buku tentang Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan,
Sumber bacaan :
Suherman,Uman. (2007). Manajemen Bimbingan dan Konseling. Bekasi: Madani.
Yusuf,S.,& Nurishan,J. 2009. Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
0 komentar:
Posting Komentar